Etika Profesi Teknik Sipil


Menurut Wikipedia, Etika adalah  sebuah sesuatu di mana dan bagaimana cabang utama filsafat yang mempelajari nilai atau kualitas yang menjadi studi mengenai standar dan penilaian moral. Etika mencakup analisis dan penerapan konsep seperti benar, salah, baik, buruk, dan tanggung jawab. 

Menurut Wikipedia, Profesi adalah kata serapan dari sebuah kata dalam bahasa Inggris “Profess”, yang dalam bahasa Yunani adalah “Επαγγελια”, yang bermakna: “Janji untuk memenuhi kewajiban melakukan suatu tugas khusus secara tetap/permanen”.

Etika Profesi adalah suatu sikap etis yang dimiliki seorang profesional sebagai bagian integral dari sikap hidup dalam mengembang tugasnya serta menerapkan norma-norma etis umum pada bidang-bidang khusus (profesi) dalam kehidupan manusia.

Jadi dapat disimpulkan Etika profesi teknik sipil adalah perbuatan atau tindakan moral manusia yang baik dan benar dalam melakukan pekerjaan yang dilandasi pendidikan keahlian untuk merancang, membangun, merenovasi untuk kemaslahatan hidup manusia. Etika profesi teknik sipil sangat dibutuhkan dalam mengambil tindakan dan keputusan yang akan dilakukan. Etika profesi sangat dijunjung tinggi, sehingga selain yang berasal dari diri sendiri, dibuatlah kode etik profesi sebagai sarana dalam mengatur seorang insinyur.

Sumber :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Individu, keluarga, dan masyarakat

Masalah Penduduk, Masyarakat dan budaya